Ketua Fraksi PKB DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal

Tangani Banjir di Kabupaten Bandung dan Sumedang Harus Duduk Bareng

Tangani Banjir di Kabupaten Bandung dan Sumedang Harus Duduk Bareng sastra firmansyah Ketua Fraksi PKB DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal bersama Bupati Bandung, terpilih, H.M. Dadang Supriatna saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kampung Popojok, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Sabtu (23/1/2021).

KABUPATEN BANDUNG,GJ.com - Ketua Fraksi PKB DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal menyatakan, dalam penanganan bencana banjir yang sudah menjadi langganan di wilayah Kabupaten Bandung harus duduk bersama di antara berbagai pihak.

Untuk itu, Cucun mengajak Bupati Bandung terpilih, H.M. Dadang Supriatna saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang dan bertemu dengan Bupati Sumedang H. Doni Ahmad Munir.

Usai menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kampung Popojok RW 01, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Cucun mengatakan, kenapa dirinya membawa Bupati Bandung terpilih untuk ketemu Bupati Sumedang, karena tidak ada jalan harus duduk bersama menyelesaikan banjir, dan menyelesai longsor, baik yang ada di Sumedang maupun di Kabupaten Bandung.

“Harus duduk bareng antara pemerintahan daerah, walau pun mempunyai otonomi sendiri-sendiri. Tapi kalau untuk kemaslahatan rakyat duduk bareng tidak ada masalah," tutur Cucun Ahmad Syamsurijal kepada wartawan di Desa Haurpugur, Sabtu (23/1/2021).

Ia berharap, Bupati Sumedang maupun Bupati Bandung terpilih sama-sama membahas bagaimana penanganan banjir yang menjadi sumber kanalnya atau cekungannya ada di Kabupaten Bandung, dan masyarakat tidak menjadi korban banjir.

Misalnya, kata Cucun, untuk membahas banjir itu karena faktor dari hulu sungai yang ada di Kabupaten Sumedang kurang terawat. Di Kabupaten Bandung juga, dari hulu Sungai Citarum yang kurang terpelihara.

Kemudian kawasan di Kota Bandung, tandsanya, masih banyak permasalahan terutama di kawasan Dago dan Bandung Raya lainnya yang harus ada penataan wilayah.

Cucun berharap, permasalahan banjir di Kabupaten Bandung, yang salah satunya karena ada permasalahan di hulu Sungai Citarum bisa diselesaikan oleh Bupati Bandung terpilih.

"Bisa diselesaikan oleh Pak Dadang Supriatna, saya angkat jempol. Selain dalam penataannya harus dibarengi dengan di kawasan Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, termasuk penataan di kawasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.
Supaya aliran Sungai Citarum normal," tuturnya.

Cucun sangat mengapresiasi kepada Bupati Bandung terpilih mau menyelesaikan permasalahan banjir di Kabupaten Bandung. Cucun sendiri berusaha untuk memberikan dukungan anggaran yang dikeluarkan dari pusat, sehingga hubungan antara pemerintah daerah dan pusat harus singkron.

"Jangan sampai salah atau jelek komunikasi dengan DPR RI maupun dengan kementerian. Komunikasi harus bagus antara bupati dan gubernur. Permasalahan Kabupaten Bandung diharapkan bisa diselesaikan antara satu sampai dua periode," harapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung terpilih, H.M. Dadang Supriatna mengatakan, walau aliran sungai di kawasan Desa Haurpugur itu sudah dikeruk, tapi tetap banjir. Ia pun berusaha untuk menangani banjir dengan melakukan penataan saluran atau sungai.

"Insya Allah kami akan kolaborasi dengan para pemimpin daerah di Bandung Raya dalam penanganan banjir. Dalam penangan banjir itu dengan skala prioritas," ungkapnya.

Sebelumnya pada hari yang sama, Anggota DPR RI dari Komisi 3 ini menyerahkan bantuan uang tunai Rp 100 juta dan paket sembako kepada korban bencana longsor Cimanggung Sumedang.**

Penulis: Sastra Firmansyah

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar