Siswa Berprestasi Khansa, Wakili Jabar ke Tingkat Nasional Ikuti Lomba Gambar Bercerita

foto

Sasra Firmansyah

JATINANGOR, "SJN".com - Khansa Humaira, siswi kelas 6 Super SD Al Ma'soem mewakili Jawa Barat (Jabar) ke tingkat nasional untuk mengikuti lomba gambar bercerita Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Selasa (15/9/2020) ini.

Hari Selasa ini, memasuki tahap penjurian untuk bersaing dengan para siswa lainnya dari masing-masing provinsi di Indonesia. 

Kepala SD Al Ma'soem Ahmad Zeni mengatakan, sebelum mengikuti lomba gambar bercerita di tingkat nasional, Khansa telah melewati tahapan kejuaraan serupa mulai dari tingkat Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang pada 15 Februari 2020. Perlombaan pertama tingkat kecamatan diselenggarakan sebelum ada pandemi Covid-19.  

"Khansa berhasil keluar sebagai juara 1 dan mewakili Jatinangor untuk tingkat Kabupaten Sumedang," ucapnya. 

"Kemudian tingkat Kabupaten Sumedang pada 24 Agustus 2020. Khansa berhasil meraih juara pertama lomba gambar bercerita FLS2N tersebut," imbuh Ahmad Zeni dalam keterangan tertulisnya, Selasa sore.

Hal yang menarik dari prestasi yang diraih siswi kelahiran Bandung dari pasangan Eka Sabputra dan Rita Mariam dan saat ini tinggal di Jatinangor, imbuh Ahmad Zeni, setiap mengikuti lomba gambar bercerita itu, dengan tema yang mengedukasi. Di antaranya saat berhasil meraih juara  pertama tingkat Kecamatan Jatinangor, yaitu dengan tema "Budaya kesenian Sumedang". Di tingkat Kabupaten Sumedang, gambar bercerita yang dibuatnya dengan tema "Gambar suasana yang menyenangkan bersama keluarga di rumah di masa Pendemi Covid 19". 

"Gambar yang dibuatnya pun hitam putih berupa sketsa dan arsiran," katanya.

Tema kedua, imbuhnya, yakni "Gambar suasana merindukan sekolah dalam situasi Pendemi Covid 19". Namun gambarnya dibuat full colour mix media mewarnai. 

"Tema itu berhasil menarik perhatian juri, sehingga Khansa meraih perestasi gemilang pada ajang tersebut," ujarnya. 

Setelah meraih di tingkat Kabupaten Sumedang, Khansa oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang diajukan ke tingkat nasional. Karena tingkat Provinsi Jabar tidak ada lombanya. "Hari ini di tingkat nasional mulai penjurian. Mohon doanya supaya Khansa bisa sukses di tingkat Nasional," harapnya. 

Ahmad Zeni menuturkan, Khansa seperti umumnya siswa SD lainnya, namun dibalik itu memiliki talenta di bidang seni yang bisa diandalkan. "Ananda (Khansa) ini hobinya melukis dari sejak kecil berbuah manis saat mengikuti lomba gambar bercerita FLS2N tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia," tuturnya. 

Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kesembuhan Meningkat, Kota Bandung Masih Zona Oranye
Perangi Melawan Stunting Lewat Bandung Tanginas
Gairahkan Sektor Ekonomi, Pemkot Bandung Gelar Pasar Kreatif Di 9 Pusat Perbelanjaan
Sumur Bandung Tancapkan Nyere Dan Nyi Mas Dewi Kencring Manik
Posko NU Pasti Sabilulungan Diresmikan di Rancaekek