Pemuda Pancasila Bangun Kembali Rumah Korban Kebakaran

foto

Sasra Firmansyah

IBUN, "SJN".com - Satu dari lima rumah warga yang menjadi korban kebakaran di Kampung Sukaeurih, RT 03/RW 11, Desa Ibun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, pada Jumat (11/9/2020), mulai dibangun oleh para kader Pemuda Pancasila Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Ibun.

Lima rumah tersebut ludes terbakar pada Minggu 6 September 2020 lalu hingga mengalami kerugian material ratusan juta rupiah. 

Ketua Pemuda Pancasila PAC Kecamatan Ibun Risman Daryusman didampingi Sekjen Atep Kustiwa mengatakan, dari lima rumah yang menjadi korban kebakaran itu, hanya satu rumah yang dibangun kembali oleh Pemuda Pancasila. 

"Hanya satu rumah saja yang kita bangun kembali, yaitu rumah Mak Omah (70). Karena Mak Omah sudah tua, wajib kita bantu untuk memperbaiki atau membangun kembali rumah tersebut," kata Risman kepada wartawan, Jumat. 

Sedangkan empat rumah lainnya yang hanya menyisakan puing-puingnya saja, yakni rumah milik  Elis Rosita (44), Anih (38), Asep Supriatna (28) dan Santi (20) berharap ada pihak lain yang turut membantunya. 

"Rumah itu merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Sehingga kita wajib membantunya," katanya. 

Risman menuturkan, untuk memperbaiki atau membangun kembali rumah milik Mak Omah itu, pihaknya menyediakan material bangunan di salah satu toko bangunan di Kecamatan Ibun. 

"Kebutuhan material bangunannya sudah kita boking. Hari ini, kita bangun dengan mempekerjakan dua orang pekerja bangunan. Kita juga berharap ada bantuan dari pihak lain atau warga setempat untuk sama-sama kerja bakti membangun rumah korban kebakaran," tuturnya.

Risman mengatakan, mengetahui peristiwa kebakaran itu saat  dirinya sedang berada di luar kota. "Saya sempat mendapat telepon dari salah seorang Ketua DKM, dan Anggota Pemuda Pancasila. Mengetahui kejadian itu, kami langsung bergerak dan berusaha untuk membantu," katanya.

Untuk membantu korban kebakaran itu, lanjut Risman, pihaknya mengalihkan bantuan atau anggaran pembelian keramik untuk salah satu yayasan di Kecamatan Ibun. 

"Bantuan untuk yayasan itu kita alihkan dulu untuk membantu korban kebakaran. Karena itu lebih penting, mengingat rumah yang biasa ditempati Mak Omah ludes terbakar," ungkapnya. 

Ia pun mengatakan, memperbaiki dan membantu warga korban kebakaran itu menjadi kewajiban bagi warga yang sudah mampu. "Bahkan membantu dan membangun kembali rumah yang sudah hancur akibat kebakaran itu, menjadi tantangan bagi kita sebagai Pemuda Pancasila. Mohon doanya saja, semoga rumah Mak Omah segera selesai dibangunnya," katanya. 

Risman mengatakan, membangun kembali rumah korban kebakaran itu, merupakan rangkaian kerja bhakti Pemuda Pancasila dalam menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat luas. Sebelumnya, Pemuda Pancasila sudah berbuat nyata dalam membantu memperbaiki rumah tidak layak huni.

"Sudah beberapa rumah warga yang kita bantu. Begitu rumah itu selesai dibangun, langsung kita serahkan kuncinya kepada pemiliknya," katanya.**

Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Di Tengah Pandemi Covid-19, SAHI Memberikan Semangat Kepada Kalangan Industri Untuk Bangkit dan Maju
71.000 Siswa Sudah Mendapatkan Bantuan PIP
Napak Tilas Pager Betis Digelar Untuk Mengingatkan Sejarah
PPP Serahkan Berkas Dukungan Pada Pasangan NU Pasti Sabilulungan
Oded: Forkopimda Kompak Kota Bandung Kondusif