Ariska Nurwahyuni Wisudawan Terbaik Ma'soem University

Ariska Nurwahyuni Wisudawan Terbaik Ma'soem University Sasra Firmansyah

JATINANGOR, "SJN".com - Sebanyak 144 wisudawan/wisudawati mengikuti pelaksanaan wisuda ke-22 yang dilaksanakan Ma'soem University tahun akademik 2019/2020 di Kampus Ma'soem University Jalan Raya Rancaekek-Cileunyi (Jalan Raya Cipacing) Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Sabtu (5/9/2020). 

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan wisuda pun menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, jaga jarak dan sebelum masuk ruang diperiksa suhu tubuh dan memakai hand sanitizer. 

Para orang tua wisudawan pun tak bisa menghadiri langsung prosesi wisuda tersebut.

Para orang tua wisudawan hanya mengikuti pelaksanaan wisuda tersebut melalui virtual atau jaringan internet. 

Dari 144 wisudawan itu, sebanyak 79 wisudawan fakultas komputer, 64 wisudawan fakultan ekonomi dan bisnis Islam, dan 1 wisudawan fakultas pertanian. Pelaksanaan wisuda tersebut, mereka terbagi dalam beberapa ruangan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. 

Dari seluruh peserta wisudawan, pengelola Ma'soem University telah menetapkan wisudawan yang memperoleh penghargaan wisudawan terbaik. Di antaranya, Ariska Nurwahyuni (S1), jurusan Perbankan Syariah dengan IPK 3,98 yudicium cumlaude. Meliana Putri (S1) jurusan  Perbankan Syariah IPK 3,95 yudicium cumlaude. Nisa Fadlillah (D3) jurusan Perbankan Syariah IPK 3,63 yudicium cumlaude. Afifah Silvia (D3) jurusan Perbankan Syariah IPK 3,58 yudicium cumlaude, Tika Agustin (D3) jurusan  Komputerisasi Akuntansi IPK 3,97 yudicium cumlaude, 

Aulia Maulida (D3) jurusan Komputerisasi Akuntansi IPK 3.92 yudicium cumlaude. Selain itu, Rifat Abdul Hafid (D3) jurusan Manajemen Informatika IPK 3.76 yudicium cumlaude, M. Wahyu Septiansyah (D3) jurusan Manajemen Informatika IPK 3,75 yudicium cumlaude dan Euis Karlina (S1) jurusan Teknologi Pangan IPK 3,75 yudicium cumlaude.

Dalam pelaksanaan wisuda itu langsung dihadiri Ketua Yayasan Al Ma'soem Bandung Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma'soem, M.S., Kepala L2Dikti, Para Direksi Al Ma’soem Group, Rektor Ma’soem University Dr. Ir. H. Dadang Mohamad Ma'soem, MSCH, Ph, dan pihak lainnya. 

Sementara, Rektor Ma'soem University Ir. H. Dadang Mohamad Ma'soem M.S.C.E., Ph., mengungkapkan rasa syukur karena putra dan putri wisudawan tersebut bisa melaksanakan wisuda.

Ia pun meminta maaf karena dalam pelaksanaan wisuda tersebut tak bisa menghadirkan para orang tua wisudawan karena kondisi pandemi. 

Dadang pun mengucapkan selamat kepada para orang tua yang telah mendidik anak-anaknya.

Setelah sebelumnya melewati perjuangan panjang mengikuti studi di Ma'soem University.

"Mereka orang-orang beruntung yang dapat melanjutkan pendidikan," katanya.

Ia pun menilai hanya 30 persen warga di Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dampak pandemi Covid-19, Dadang mengatakan, para wisudawan tahun ini tercatat dengan proses perkuliahan sebelumnya melewati perkuliahan jarak jauh”.

"Ini karena terjadi pandemi Covid-19 melanda dunia dan Indonesia," katanya.

Akibat pandemi Covid-19, katanya, berdampak pada ekonomi di seluruh dunia dan jutaan warga kehilangan pekerjaan.

"Dampak pandemi Covid-19, perusahaan banyak yang tutup. Pandemi Covid-19 berpengaruh pada pendidikan di negara berkembang dan maju. Jutaan siswa belum bisa melaksanakan sekolah dengan cara tatap muka, sehingga diterapkan pembelajaran jarak jauh," katanya.

Meski demikian, katanya, proses kegiatan pendidikan atau pembelajaran di Ma'soem University berusaha untuk memaksimalkan potensi dan fasilitas yang ada. 

"Ma'soem University tetap dapat melaksanakaan proses perkuliahan tanpa mengurangi makna dan kualitas wisuda.

Mudah-mudahan pandemi segera berakhir," katanya.

Ia pun mengingatkan kepada para wisudawan, sukses dalam berkarir harus memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan. Kemudian cageur, bageur, dan pinter yang berbasis akhlakul karimah dapat menentukan sukses dalam berkarir.

Sementara itu, PLH Rektor Ma'soem University Ir. H. Tonton Taufik Rachman, M.B.A., mengatakan, para peserta wisuda adalah mereka yang telah benar-benar menyelesaikan program akademik, dan telah lulus sidang tugas akhir.

Dari 144 wisudawan, banyak alumni yang sudah bekerja sebelum

acara wisuda ini yaitu 38,5 persen.

"Kami mengucapkan selamat kepada wisudawan yang pada hari ini resmi menjadi alumni Ma’soem University, serta 

akan kembali kepada orang tua untuk terjun dan mengaplikasikan pengetahuannya kepada masyarakat. Kami berharap saudara dapat memanfaatkan IKA Al Ma’soem 

dalam kiprah di masyarakat dan wadah sharing untuk pengembangan diri," tutur Tonton.**

Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Komentar