6 Rumah Panggung Ludes Terbakar di Pasirjambu

6  Rumah Panggung Ludes Terbakar di Pasirjambu Sasra Firmansyah

PASIRJAMBU, "SJN" - Sebanyak 6 rumah panggung di Kampung Tegalega Gambung, RW 05, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ludes terbakar, Selasa (1/9/2020) pukul 02.00 WIB dini hari. 

Koordinator Posko Bantuan Kebakaran Wawan Oteng menjelaskan, kejadian ini diduga berasal dari tungku tradisional (hawu) dari salah satu rumah. Dimana,  warga tersebut menyalakan tungku namun lupa mematikan hingga  api tersebut membesar.

Menurut Wawan, jarak rumah yang dempetan, membuat api cepat merambat dan menghanguskan rumah dikarenakan bahan bangunan dari kayu dan bilik jadi mudah terbakar.

"Penghuni rumah tersebut sudah lansia. Didaerah sini kan cuacanya dingin, jadi kalau mau hangat biasanya dengan menyalakan tungku," ucap Wawan Oteng kepada wartawan melalui telepon selularnya.

Dikatakannya, guna memadamkan api, sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan dibantu masyarakat sekitar.

"Jalan yang sempit membuat petugas sedikit kesulitan menuju lokasi. Alhamdulillah wa syukurilah dibantu warga dan petugas yang profesional petugas berhasil menuju kelokasi dan mengatasi kebakaran tersebut," jelas wawan.

Wawan mengatakan, jikalau tidak datang petugas Damkar ke lokasi, kemungkinan jumlah rumah yang terbakar akan meluas. "Dengan sigap petugas dan warga bersama melakukan pemadaman," ucapnya.

Ia mengatakan, para korban kebakaran ini sebagian penghuninya sudah lanjut usia dan peternak sapi. "Dalam kejadian ini, warga juga dengan sigap bisa menyelamatkan sapi milik warga," jelasnya.

Menurutnya, warga korban dampak kebakaran saat ini sementara tinggal di tenda darurat. Saat ini warga, belum menerima bantuan dari pemerintah.

"Warga sekitar membantu warga yang menjadi korban kebakaran dengan memberi makanan," pungkasnya.**

 Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Komentar