Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriawan Salim

Orang Tua Harus Berani Lapor Jika Anaknya Mengalami Kasus Seperti di SMKN 2 Padang

Orang Tua Harus Berani Lapor Jika Anaknya Mengalami Kasus Seperti di SMKN 2 Padang goriau.com

JAKARTA, GJ.com - Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriawan Salim menegasakan, orang tua untuk berani melaporkan kasus seperti terjadi di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat yang memaksa siswi nonmuslim untuk mengenakan hijab.

dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

"Bila perlu melaporkan ke Dinas Pendidikan atau ke Inspektorat Daerah atau Inspektorat Jenderal Kemendikbud," kata Satriawan dalam keterangannya, seperti dikutip dari laman Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Tak hanya itu, tandas ia, guru juga untuk lebih peduli dan kritis terhadap tindakan atau peraturan yang intoleran seperti SMKN 2 Padang.

"Baik yang dikeluarkan kepala sekolah maupun yang diterapkan secara struktural melalui Peraturan Daerah (Perda)," tegas dia.

Kemendikbud dan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) diminta berkoordinasi dalam memerhatikan perda dan aturan sekolah yang berpotensi intoleran, jelas Satriawan, tidak hanya dari aspek agama, tetapi juga aliran kepercayaan, suku, budaya, ras, dan kelas sosial ekonomi siswa.

"Sesuai perundangan, Kemendagri dapat memberikan catatan dan rekomendasi jika ada aturan di daerah yang bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi," pungkasnya.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar