Eni Heniwati, M.Pd.,

Motto "Sekolah Para Juara" Bukan Sekadar Slogan Belaka

Motto "Sekolah Para Juara" Bukan Sekadar Slogan Belaka Bentar Wibisana Eni Heniwati, M.Pd., Azkya Adinda Maharani, juara nasional Desain Poster Digital dalam FLS2N tahun 2020, dan Kadisdik Sumedang

Semenjak Eni Heniwati memimpin SMP Negeri 1 Cimanggung 2019 silam, tidak hanya mendorong siswa untuk terus berprestasi, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis. Tetapi, ia pun melakukan pembenahan sarana dan prasarana guna memberikan pelayanan prima terhadap proses belajar mengajar peserta didik.

Berkat dukungan penuh Eni Heniwati, M.Pd., dalam mengelola SMP Negeri 1 Cimanggung, Kabupaten Sumedang, mampu membawa beberapa siswa SMP Negeri 1 Cimanggung berhasil mencatatkan namanya di buku catatan prestasi, di antaranya Azkya Adinda Maharani menjadi juara nasional Desain Poster Digital dalam FLS2N tahun 2020 yang diselengarakan Pusprenas. M. Iksan Sonjaya dan Salsabila A. Solehah Ariyadi juara karate putra-putri di ajang KOSN. Ajwa Jawisma juara 1 Story Telling Wilayah 1 tahun 2021, Tiara Santiaji juara 2 Pupuh Putri TK Wilayah 1, Syauqi Al Hakim juara 2 Menulis Esai tahun 2021, Shasha Auryzkia juara 1 Desain Poster FLS2N tingkat Kabupaten tahun 2020, dan Musik Tradisi juara 2 tingkat Kabupaten.

Sederet prestasi membanggakan yang telah ditorehkan siswa-siswi SMP Negeri 1 Cimanggung selama kepemimpinan Eni Heniwati, M.Pd., yakni:
1. Bela Citra berprestasi dalam Cabang Taekwondo:
- Juara I Poomsae Internasional Venezuela, 25-27 Maret 2021
- Juara III Poomsae Internasional Korea, 9-11 April 2021
- Juara II Poomsae Piala Kemenpora, 26-28 Februari 2021
- Juara II Poomsae Piala KONI 14-15 November 2020.

2. Azkya Adinda Maharani berprestasi dalam Cabang Desain Poster Digital
- Juara I FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020
- Juara II FLS2N Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020

3. M. Ihsan Sonjaya berprestasi dalam Canag Karate
- Juara I KOSN Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020
- Juara II KOSN Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021

4. Salsabila A. Solehah Ariyadi berprestasi dalam Cabang Karate Putri
- Juara II KOSN Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2020
- Juara II KOSN Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021

5. Shasha Auryzkia berprestasi dalam Cabang Desain Poster Digital
- Juara I FLS2N Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021
- Juara I FLS2N Tingkat Wilayah 1 Sumedang Tahun 2021

6. Mustrad Cimanggung 1 atas prestasi dalam Cabang Festival Kreatifitas Musik Tradisi
- Juara II FLS2N Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021
- Juara II FLS2N Tingkat Wilayah 1 Sumedang Tahun 2021

7. Ajwa Jawisama Juara I Story Telling pada FLS Tingkat Wilayah 1 Sumedang Tahun 2021

8. Tiara Putri Santiaji Juara II Pupuh Putri pada PBS3 Tingkat Wilayah 1 Sumedang Tahun 2021

9. Syauqi AL Hakim Juara II Menulis Esai pada FLS Tingkat Wilayah 1 Sumedang Tahun 2021

Rentetan prestasi yang diraih siswa-siswi SMP Negeri 1 Cimanggung ini sangat luar biasa, dan memberi bukti nyata, bahwa pandemi Covid-19 bukan halangan untuk berprestasi mulai dari tingkat wilayah, kabupaten, Jawa Barat, nasional hingga tingkat internasional. Tentu keberhasilan dalam torehan prestasi tersebut tidak terlepas dari support Eni Heniwati, serta dukungan guru pembimbing, sehingga memicu para siswa untuk berkiprah dan berlomba dalam mengejar prestasi.

Jika menilik berbagai prestasi yang diraih para siswa, maka bagi SMP Negeri 1 Cimanggung dengan motto “Sekolah para Juara” bukan hanya sekadar slogan belaka. Tetapi gelar tersebut memang pantas dan layak disematkan kepada sekolah yang dikepalai Eni Heniwati.

Terkait pelaksaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), menurut Eni, pihaknya sudah siap sesuai dengan anjuran pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Semua fasilitas yang dibutuhkan ketika pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan sudah terfasulitasi sesuai protokol kesehatan. Bahkan, semua ruangan kelas sudah dicat, dan bersih.

Semenjak Eni Heniwati memimpin SMP Negeri 1 Cimanggung 2019 silam, tidak hanya mendorong siswa untuk terus berprestasi, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis. Tetapi, ia pun melakukan pembenahan sarana dan prasarana guna memberikan pelayanan prima terhadap proses belajar mengajar peserta didik.

Berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun, di antaranya sarana sanitasi, lapangan olahraga dan mempercantik lingkungan sekolah yang asri, yakni pembuatan saluran air bersih dengan membuat satu wastafel atau tempat cuci tangan setiap dua kelas. Pembuatan kirmir dan penyemenan tebing depan sekolah sepanjang 28 M guna mencegah terjadinya tanah longsor. Pengecetan lapangan olahraga/lapangan upacara bendera dan perbaikan ring basket.

“Kami juga melakukan pengecetan seluruh bangunan sekolah, mulai dari pagar depan kantor kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, kantor TU, ruang guru dan seluruh ruangan kelas sebanyak 30 ruangan. Pembuatan atap kanopi depan mushola dan temat wudhu, perbaikan toilet dengan mengganti keramik, dan pengeramikan tangga depan kelas multi, tangga depan laboratorium IPA, serta depan kantor TU,” kata Eni.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar