Enung Titin Agustikawati,

"Kesuksesan Itu Berkat Dukungan Suami dan Anak"

"Kesuksesan Itu Berkat Dukungan Suami dan Anak" ist

SUMEDANG, GJ.com - Dedikasi Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M., sebagai Kepala SMP Negeri 1 Cimalaka, Sumedang mendapat apresiasi dari Peace Generation Indonesia Capter Sumedang. Kepala sekolah yang kerap tampil modis ini mendapat penghargaan sebagai “Tokoh Perdamaian Kabupaten Sumedang 2020”.

Kepada majalah “Sekolah JUARA”, ibu yang dikarunia dua putri ini mengaku sangat bersyukur atas reward tersebut, meski dirinya merasa belum menyumbangkan apa-apa terhadap masyarakat Kabupaten Sumedang. “Perasaan saya senang, kaget, bingung, bangga, terharu, dan campur aduk,” katanya.

Disebutkan Enung, setelah menyandang tokoh perdamaian ini rasanya berat, karena jika dikatakan beban tidak, tetapi kalau dibilang berat iya. Sebab tantangan kedepanya harus bekerja lebih baik lagi, dan melaksanakan apapun dalam hal kebaikan, serta untuk membawa SMPN 1 Cimalaka ini menjadi lebih baik lagi.

“Betul, saya belum merasa menyumbangkan apa-apa. Tetapi mungkin penilaian orang lain berbeda, dan melihat apa yang sudah saya lakukan dalam berbagai hal, sehingga mendapat perhatian dan diberikan penghargaan juga,” katanya.

Jika bicara sudah menyumbangkan bagi pembangunan Kabupaten Sumedang? “Ya, apa? Saya juga bingung menjawabnya. Intinya, ketika sekolah yang saya kelola ini diberi SK oleh bupati sebagai salah satu Sekolah Ramah Anak, maka saya melaksanakan apapun yang terkait denan SRA ini sesuai jupnis. Mungkin itu juga mendapat penilaian dari para tim penilai bahwa SRA di SMP 1 Cimalaka berjalan lancar,” ujar Enung.

Menurut Enung, dengan diterimanya anugerah Tokoh Perdamaian Kabupaten Sumedang ini, tentunya ke depan akan terus berusaha berbuat baik, terus menggaungkan perdamaian yang dimulai dari perdamaian anak-anak didik kami dengan guru-guru, masyarakat sekitar. “Ya, kepada anak-anak juga akan dilandaskan bahwa perdamaian ini salah satu hal yang perlu dipertahankan, perlu dilaksanakan, tidak ada bullying, tidak ada hal-hal negatif yang harus dihindari,” jelasnya.

Apa yang menjadi impian Ibu setelah menerima anugerah Tokoh Perdamaian Kabupaten Sumedang? “Impian saya setelah menerima anugerah ini, pastinya harus terus bisa berdamai dalam hal apapun. Artinya, kegiatan apapun yang bersifat positif harus saya lakukan demi kemajuan SMPN 1 Cimala, dan Kabupaten sumedang,” ucapnya istri dari Kunkun Qobul Kurniawan, S.Sos., M.Si. Bekerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Bandung sejak tahun 1990-2020, dan sekarang bertugas di Bapeda Kabupaten Sumedang sebagai fungsional perencana.

Bagi Enung kesuksesan yang selama ini diraihkan tentu tidak terlepas dari dukungan dari sang suami tercintanya. “Alhamdulillah dukungan dan support suami, serta keluarga dalam hal ini anak-anak cukup baik. Saya tidak bisa sesukses ini kalau tanpa dukungan suami dan keluarga,” tandas Enung.


Kesuksesan Enung selama ini, selain berkat dukungan suami dan keluarganya juga tidak terlepas dari berbagai pihak, khususwa warga SMPN 1 Cimalaka. “Kebiasaan yang saya terapkan di SMPN 1 Cimalaka itu segala sesuatunya berdasarkan kebersamaan,” ujarnya.


Diakui Enung, tanpa dukungan teman-teman, dan semua pihak dirinya tidak bisa sukses seperti sekarang. Kebersamaan, kekeluargaan itu dijadikan nomor satu. Jika ada hal-hal yang sedikit bermasalah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Sekolah bagi saya adalah rumah kedua, warga sekolah adalah keluarga kedua, sehingga kami saling berbagi, saling mengingatkan, saling memotivasi, dan alhamdulillah semua bisa berjalan lancar,” ungkapnya.


Biodata Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M.,
• Menjadi Guru honorer di SMP Kutamaya Sumedang
• Menjadi guru honorer di SMEA Muhammadiyah Sumedang
• Diangkat pegawai negeri sipil (PNS) Februari 1998 saat mengajar di SMPN 2 Ganeas Sumedang
• Dipromosikan menjadi Kepala SMPN 3 Tanjungsari tahun 2011
• Menjadi Kepala SMPN 3 Cimalaka tahun 2013
• Menjadi Kepala SMPN 1 Cimalaka dari tahun 2017-sekarang.

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar